by

Pemkot Proses Bantuan Kebakaran Ongkoliong

Ambon, BKA- Janji memberikan rumah layak huni bagi para korban kebakaran di kawasan Ongkoliong, Desa Batumerah, kecamatan Sirimau, sementara diproses oleh Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP).
Surat pernyataan kesediaan lokasi untuk pembangunan rumah, telah diberikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI sejak 20 Februari 2021 kemarin.
“Untuk jumlah anggaran buat pembangunan kami belum tahu. Itu nanti urusan Balai Perumahan Kementerian PUPR, ” ungkap Plt Kadis PRKP Kota Ambon, Rustam SImanjuntak, saat dikonfirmasi koran ini, Jumat (26/2).

Disinggung kapan pembangunan rumah tersebut dilakukan, Rustam mengaku, kemungkinan dalam tahun ini Pemkot Ambon akan merealisasikan janji tersebut. “Mungkin tahun ini. Kan butuh proses lelang, perencanaan dan segala macam. Jadi yang eksekutornya yang nantinya adalah balai perumahan, kementerian PUPR,” sebutnya.
Dikatakan, lahan yang disediakan untuk pembangunan rumah bagi 80 kepala keluarga (KK) korban kebakaran Ongkoliong sebesar dua hektar. “Lokasinya itu di kawasan Air Besar, Desa Batu Merah,” beber dia.

Rustam menghimbau, agar masyarakat korban kebakaran Ongkoliong tidak perlu khawatir. Sebab, Pemkot Ambon sementara berupaya. “Mereka tinggal terima kunci setelahnya begitu. Jadi ini lagi berproses. Karena dari tanggal 20, sudah Februari kemarin, surat sudah serahkan untuk menteri,” imbuhnya.
Tambah dia, bukan saja korban kebakaran Ongkoliong, tetapi surat tersebut juga untuk pengungsi Gereja Silo, Laha dan Kayeli. Dimana Pemkot bakal berupaya untuk merealisasikan janji kepada para korban.

“Jadi ada empat. Korban konflik sosial Silo dengan Kayeli, lalu Laha. Sedangkan Ongkoliong kan korban kebakaran. 20 Februari kemarin sudah ada di meja pak menteri untuk diproses,” pungkasnya. (IAN)

Comment