by

Pemkot Ringankan Beban Pelaku Perjalanan

beritakotaambon.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meringankan beban bagi pelaku perjalanan dari pulau lain yang ingin masuk ke Ibukota Provinsi Maluku ini. Namun kebijakan ini hanya khusus buat pelaku perjalanan yang ber-KTP Kota Ambon. Lain dari itu, tidak berlaku.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, bagi pelaku perjalanan dari luar daerah yang ber-KTP Ambon bisa masuk kota bertajuk Manise ini tanpa melakukan swab PCR negatif. Dimana yang harus dikantongi sebagai persyaratan untuk masuk hanya dengan rapid antigen yang dinyatakan negatif.

“Jadi kita punya keluarga yang berada di Jakarta, Makassar, Surabaya dan dimana saja. Dari Tual, Banda yang mau kembali ke Ambon, tidak perlu dengan PCR cukup dengan Antigen,” tandas Richard, kepada wartawan, Kamis (26/8)

Baca juga: Pengawasan JMP Bukan Kewenangan Pemkot

Sedangkan para pengunjung atau pelaku perjalanan yang hendak masuk ke Ambon dan bukan memiliki KTP Ambon, tambah dia, wajib kantongi hasil tes Swab PCR negatif.

“Kalau saudara tanya, kira-kira kalau ada warga kota dari Ambon ingin berangkat ke luar daerah di Jawa dan sebagainya, akan tergantung dari aturan kota tujuan. Sebab tiap daerah tujuan dengan aturan beda-beda, ada yang butuh Swab Antigen atau PCR,” paparnya.

Dengan kebijakan itu, Politisi Golkar ini berharap, warga yang ingin masuk atau keluar Ambon, tanpa urusan dinas atau kegiatan tidak jelas, sebaiknya menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan. Hal ini semata-mata demi kebaikan bersama agar tidak menularkan virus.

Baca juga: Pengusaha Mikro Akan Dapat BPUM

“Ini penting, agar tidak bawa masuk virus bagi keluarga, rekan kerja dan keluarga. Apalagi virus baru sudah merebak dan harus tetap memproteksi diri. Maka menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, 5M sangat penting dan ikut vaksinasi,” tutupnya. (IAN)

Comment