by

Pemkot Ringankan Beban Seragam Siswa

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pendidikan akan meringankan beban orang tua siswa terkait biaya seragam di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan ini hanya bagi siswa yang baru menduduki Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon.

Untuk seragam serba putih-biru, lab, pramuka dan batik bisa membayar dengan cara di cicil hingga satu tahun. Dimana ini hanya berlaku bagi orang tua yang tidak mampu. Sementara bagi orang tua yang mampu, bisa membayar secara langsung.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kebijakan itu diambil khusus bagi orang tua siswa yang benar-benar tidak mampu.

“Sementara untuk orang mampu, itu boleh membayar harga seragam secara langsung,” tandas Richard, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (21/7).

Hal tersebut, sambung dia, telah disampaikan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy untuk segera ditindaklanjuti. Sehingga tidak boleh menyusahkan orang tua murid.

“Saya sudah intruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan. Kebijakan ini meringankan beban orang tua, agar melunasi seragam anaknya yang baru masuk,” tegasnya.

Seluruhnya, tambah walikota dua periode ini, hanya untuk meringankan beban orang tua murid. Mengingat mata rantai Covid-19 belum bisa diputuskan.

“Covid-19 belum selesai. Sehingga berimplikasi pada sektor perekenomian. Baik di pemerintah dan masyarakat. Kebijakan ini bisa meringankan beban masyarakat,” pungkasnya. (IAN)

Comment