by

Pemkot Segera Aktifkan Belajar Tatap Muka

beritakotaambon.com – Setelah beberapa pekan berada di zona kuning penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Ambon segera aktifkan Belajaran Tatap Muka (BTM) di sekolah.

Sesuai ketentuan dari pemerintah pusat, hanya 5 kabupaten/kota di Maluku yang diberikan izin terapkan BTM. Meski Ambon belum diberikan ijin, namun berbagai persiapan menyangkut PTM di sekolah telah di persiapkan jauh hari.

Pemkot juga memastikan, apabila dua pekan atau sebulan kedepan Covid-19 dapat dikendalikan di Kota Ambon, maka BTM akan diaktifkan.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyebutkan, pihaknya kini telah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan proses BTM.

“Di Kota Ambon belum pasti. Tetapi jika dilihat kondisi yang ada, kita sudah melaksanakan persiapan,” tutu Ricchard, kepada awak media, Selasa (7/9).

Dijelaskan, kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon kian melandai. Hal itu membuat Pemkot tengah melaksanakan persiapan jika BTM sudah boleh diterapkan.

Baca juga: 60,9 Persen Warga Ambon Sudah Divaksinasi

“Untuk sekolah ini kita butuh kajian khusus tidak asal-asalan. Karena kita tidak mau ada klaster baru ketika sekolah ini dibuka, sehingga harus ada persiapan,” ujarnya.

Menurutnya, bila sudah diijinkan, penerapan BTM akan dimulai dari tingkat SMP. Dan jika dianggap sukses, akan dilanjutkan bagi tingkat SD.

“Untuk SD hanya pelajar kelas 4, 5 dan 6. Tapi sekolah harus siap dengan baik, mulai dari persiapkan hand sanitizer, tempat cuci tangan, masker dan sebagainya,” sebutnya.

Walikota dua periode in menilai, kondisi Covid-19 akan dilihat dalam dua pekan hingga satu bulan ini. Jika bisa dikendalikan, maka BTM akan langsung diterapkan.

“Nanti dilihat dua pekan atau sebulan kedepan. Kita pahami betul anak-anak juga sudah rindu dan ingin berkumpul dengan teman-temannya di sekolah,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy mengaku, pihaknya tengah melakukan koordinasi dan persiapan untuk pelaksanaan BTM.

“Kita sementara melaksanakan persiapan untuk belajar tatap muka. Inshaa Allah waktu yang tidak lama lagi. Kita harap Covid-19 bisa dikendalikan dengan cepat,” harapnya. (IAN)

Comment