by

Pemkot Segera Berlakukan Wajib Kartu Vaksin

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota Ambon segera berlakukan wajib kartu vaksin bagi para pelaku perjalanan yang akan masuk maupun ke luar Ambon. Pelaku perjalanan wajib tunjukan kartu vaksinasi serta hasil swab PCR negatif kepada petugas di lapangan.

Langkah yang diambil, semata-mata demi menekan angka Covid-19 yang diketahui mengalami peningkatan. “Pelaku perjalanan yang masuk atau keluar Ambon, harus punya hasil negatif Swab Antigen dan kartu Vaksin,” tandas Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Aturan ini, kata Richard, pasca 96 warga terkonfirmasi positif Covid-19 secara langsung pada 2 Juli 2021 lalu. Sehingga membuat kasus positif di Ibukota Provinsi Maluku ini telah mencapai 606 jiwa.

Untuk melancarkan aturan dimaksud, tambah dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota lainnya, serta pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Segera kita lakukan koordinasi dengan Pemprov, Pemerintah Kabupaten Kota se Maluku, dan pihak KKP. Agar kebijakan ini dapat segera diterapkan,” tegasnya.

Walikota dua periode ini menambahkan, kebijakan yang diambil ini, tentunya akan mendapat respon beragam dari publik. Namun tidak ada jalan lain, selain perketat aturan demi kebaikan bersama.

“Dengan segala resiko yang tidak populer akan kita terima atas kebijakan yang ditempuh, tidak apa-apa. Ini demi kebaikan dan kesehatan kita bersama. Daripada kita lengah, kita dan masyarakat yang harus memikul beban ini,” pungkasnya. (IAN)

Comment