by

Satgas Covid-19 Tindak Komunitas Santa Claus

Demi mencegah timbulnya kluster baru, Pemerintah Kota Ambon telah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan kegiatan Santa Claus jelang Hari Natal Kristus 2020. Namun ada komunitas Santa Claus yang ditindak lantaran tidak taat dengan kebijakan tersebut.

Selain ditindak, Satgas Covid-19 juga berikan himbauan terkait Protokol Kesehatan kepada komunitas Santa Claus yang sebelumnya telah dilarang beroperasi oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy lewat surat yang diteken beberapa waktu lalu.

“Aktifitas kegiatan Santa Claus oleh beberapa komunitas di Kota Ambon, mereka ditemukan beroperasi di daerah Amahusu. Dan dari satgas Desa Negeri Amahusu bersama pemerintah kecamatan, pemerintah desa, ada Pol PP juga menindak lanjuti. Memberikan arahan sekaligus melarang untuk tidak dilaksanakan kegiatan Want Claude sesuai dengan surat edaran yang telah disampaikan Pemkot,” ungkap Koordinator Fasilitas Umum Satgas Covid-19 Ambon, Richard Luhukay, Selasa (8/12).

Menurut Luhukay, jika ingin melakukan aktivitas Santa Claus, setidaknya bisa berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. Setelah itu, baru dipertimbangkan. Namun komunitas tersebut, sama sekali tidak meminta ijin untuk beroperasi.

“Sesungguhnya harus meminta izin terlebih dahulu atau meminta rekomendasi dari Satgas yang menyatakan menyetujui atau tidak disetujui. Atas dasar itu, kami mengambil langkah sehingga menjadi satu hal pembelajaran bagi yang lain,” tegasnya.

Dengan langka yang diambil untuk Komunitas Santa Claus itu, lanjut Luhukay, agar tidak menimbulkan rasa kecemburuan antara masyarakat dalam menegakkan aturan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Itu menjadi satu tindakan untuk menegakan rasa keadilan. Sehingga tidak ada terkesan kita memilah-milah atau mengkhususkan aturan bagi bebrapa komunitas tertentu,” ujar dia.

Dia berharap, dengan tindakan tersebut, kedepan para komunitas lainya tidak mencoba-coba untuk melakukan operasi Santa Claus untuk kedua kalinya. Sebab, itu sudah dilarang selama pandemi Covid-19.

“Ini juga menjadi harapan kami bagi seluruh warga Kota Ambon dan seluruh komunitas yang ada, baik perkantoran, atau komunitas lain. Jikalau ada melakukan kegiatan Santa Claus sejak bulan ini, dari beberapa hari lalu sudah dilarang untuk melakukan kegiatan dimaksud,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment