by

Pemkot Siap Bangun Pos Damkar

Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun satu pos pemadam kebakaran (Damkar) di kecamatan Teluk Ambon.

“Tahun ini, kita pasti bangun garasi sumur bor dan pos Damkar. Lokasinya itu di Kecamatan Teluk Ambon Baguala,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo, saat ditemui koran ini di ruang kerjanya, Senin (10/5).

Untuk luas garasi, dia mengaku, sekitar 82 meter persegi. “Pembangunan pos dan garasi ini, menggunakan anggaran sebesar Rp650 juta. Jadi untuk tahun 2021 ini, rencananya baru mendapatkan satu pembangunan ini,” ujarnya.

Sementara ini, kata dia, terkait fisik pembangunan dimaksud, masih ditahap proses. “Anggaran untuk pembangunan tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” sebutnya.

Diterangkan, pembangunan pos dan garasi Damkar di Kecamatan Teluk Ambon itu, untuk tahun 2021 ini. Dan nantinya pihaknya juga akan mengusulkan untuk tahun 2022 mendatang. “Setiap tahun kita usul,” cetusnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepada Damkar Kota Ambon, N. Edwin J. Pattikawa meminta kepada Dinas PUPR untuk segera melakukan pembangunan pos Damkar di beberapa kecamatan Kota Ambon yang telah diusulkan. Sehingga pihaknya tanggap dalam menjalankan tugas.

“Di perda kami itu, setiap kecamatan harus memiliki pos Damkar, dalam rangka memenuhi tanggap terhadap laporan. Mengingat tanggap itu maksimal 15 menit sudah harus sampai di lokasi kebakaran. Karena dengan jarak pos yang jauh juga sangat beresiko bagi petugas, dan tentunya memperlambat penanganan,” pungkasnya. (IAN).

Comment