by

Pemkot Siap Tambah Lapak Pedagang

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap melakukan penambahan lapak pedagang bagi para pedagang yang terdampak revitalisasi pasar Mardika. Penambahan lapak dimaksud, hanya bersifat sementara untuk menampung para pedagang, sembari menunggu revitalisasi pasar Mardika selesai dikerjakan.

Sekertaris Kota Ambon, A G Latuheru mengaku, upaya tersebut untuk menjawab keresahan pedagang yang mengaku belum mendapatkan lapak dari tiga pasar yang telah disediakan Pemerintah Kota Ambon pasca pembongkaran pasar Mardika. Yakni pasar Apung Mardika, Pasar Oleh-oleh Tantui dan Transit Passo.

Karena akibat ulah pedagang yang menolak untuk direlokasi, membuat keterlambatan proses revitalisasi dilakukan hingga saat ini. Dimana sebagian besar pedagang yang ada, masih tetap menempati sektiar badan jalan Pantai Mardika untuk berjualan.

“Coba kalau pedagang pergi dulu kesana (kios baru). Dan kalau memang tempatnya dirasa belum cukup yah sudah nanti kita atur lagi. Tambah dimana, dimana gitu,” ucap Latuheru, saat dikonfirmasi wartawan, di Balai Kota, Kamis (21/1).

Kata dia, adapula pasar-pasar yang telah disediakan Pemkot bagi para pedagang yang terkena dampak revitalisasi pasar Mardika, dan sampai sekarang belum terisi.

“Pasar rakyat yang kita punya di Warasia itu juga masih kosong, belum ditempati. Kemudian di Wainitu juga masih kosong. Mereka sendiri yang tidak mau pergi kesana,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya juga telah menyediakan ribuan lapak buat pedagang di Pasar transit Passo, namun para pedagang di Mardika masih saja menolak untuk relokasi.
“Kitakan siapkan ratusan bahkan ribuan lapak pengganti di pasar Passo. Kita sudah siapkan, tapi mereka tidak satupun yang mau bergerak masuk kesitu,” sebutnya.

Menurutnya, para pedagang lebih memilih untuk mencari pembeli di Pasar Mardika. “Bagaikan mereka ini semutlah, mereka lebih mencari gula. Karena disana tidak ada gula. Tapi kalau semut mau pergi ke tempat gula juga bisa, ” tandasnya. (IAN)

Comment