by

Pemkot Siapkan 400 Kader DPPKB

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), telah menyiapkan sebanyak 400 kader yang tersebar di lima kecamatan Kota Ambon. Ratusan kader ini akan melakukan pendataan penduduk sesuai instruksi pemerintah pusat melalui BKKBN Pusat.

Sebelumnya, ratusan kader ini mengikuti pelatihan dari DPPKB Kota Ambon. Guna menyambut pelaksanaan pendataan serentak se-Indonesia, yang jatuh pada 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang.
“Untuk tingkat desa dan kelurahan pada 5 kecamatan, sebanyak 400 kader telah dilatih. Yang mana mereka siap untuk melakukan pendataan,” sebut Kepala DPPKB Kota Ambon, Welly Patty kepada wartawan, Rabu (17/3).

Selain 400 kader DPPKB tersebut, pelatihan juga dilakukan kepada 178 kader dibawah BKKBN Provinsi Maluku. Pelatihan itu, dilakukan bersama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.
“Untuk mendapatkan data yang baik dan benar, dikota ambon maka maka BKKBN pusat bersama dengan BKKBN provinsi sudah melakukan pelatihan kepada 178 kader,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dia mengaku, pendataan penduduk tahun 2021 sesuai petunjuk dari pusat, bisa berbasis online, dengan menggunakan smartphone.

“Memang teknis pendataan tahun 2021 ini, itu agak berbeda dengan tahun lalu. Dimana semua itu mempergunakan smartphone. Jadi tidak pakai formulir lalu jalan data rumah ke rumah. Tapi tetap mereka menggunakan sistem dor to dor atau ke rumah warga masing-masing,” tukasnya. (IAN)

Comment