by

Pemkot Tak Diijinkan Pasang CCTV di JMP

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tidak diberikan ijin dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Maluku, untuk memasangkan CCTV di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP). Padahal, tindakan kriminalisasi kerap terjadi di kawasan tersebut.

“Kita tidak diberikan ijin dari Balai Jalan. Dengan pertimbangan jika Pemkot ingin memasang CCTV, harus ada ijin dari pemerintah pusat,” ungkap Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriansz, kepada wartawan, Kamis (20/5).

Hal tersebut, lanjut Joy, merupakan pendekatan terakhir antara Pemkot Ambon bersama Polda Maluku dengan pihak BPJN wilayah Maluku. “Kita tidak sendiri. Kita dengan Polda Maluku terakhir itu, tidak diijinkan untuk memfasilitasi CCTV di JMP dari Balai Jalan,” sebutnya.

Menurutnya, BPJN Maluku awalnya sangat siap untuk memfasilitasi Pemkot Ambon agar terkoneksi dengan 4 buah CCTV di JMP. Namun hasil akhirnya tidak seperti itu. Pemkot hanya diberikan kewenangan untuk diberikan rekaman CCTV.

“Hasil rapat terakhir kami dengan Balai Jalan, sampai dengan pendatanganan surat kesepakatan, ternyata kita Pemerintah Kota Ambon hanya diijinkan untuk menerima rekaman. Itupun jika kami membutuhkan. Untuk itu, kami dengan Polda Maluku juga kesulitan,” beber dia.

Karena ini mennyangkut dengan keselamatan masyarakat Kota Ambon, sambung dia, Pemkot akan secara langsung menyurat ke Pemerintah Pusat. “Kita akan surati ke pemerintah pusat, terkait dengan permasalahan yang dihasilkan masyarakat diatas JMP,” tukasnya.

Dikatakan, sementara waktu, bagi masyarakat yang melintas di atas JMP agar bisa lebih hati-hati. Sebab, Pemkot belum dapat memonitoring secara langsung apa yang terjadi, dan siapa pelaku yang menimbulkan keresahan pada kawasan JMP.

“Kami tidak bisa bicara berapa banyak kasus kekerasan yang terjadi di JMP. Karena kami tidak memliki akses CCTV. Kalau itu, lebih baik tanyakan ke Balai Jalan, karena mereka punya 4 buah CCTV di JMP. Kami saja tidak diberikan akses untuk pasang CCTV,” tutup Joy. (IAN)

Comment