by

Pemkot Tak Mampu Bangun Rumah Singgah

Ambon, BKA- Hingga saat ini, Pemerintah Kota Ambon tidak mampu membangun rumah singgah untuk menampung gelandangan dan pengemis (gepeng) yang terus menjamur di sejumlah lokasi Kota Ambon. Janji akan mengalokasikan anggaran pembangunan rumah singgah di tahun ini, nihil.

Persoalan penanganan gepeng di kota Ambon, telah dibahas sebelumnya antara Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Sosial dengan DPRD Kota Ambon periode 2014-2019, sejak tahun 2015 lalu. Yakni saat itu, Pemkot mengaku ingin membangun rumah singgah dan hanya terkendala soal lahan.

Namun kemudian, alasan belum dibangunnya rumah singgah karena belum dianggarkan dalam APBD. Sehingga Dinas Sosial Kota Ambon mengaku, di tahun 2021 akan ada anggaran yang dialokasi Pemerintah Kota untuk membangun rumah singgah, guna menampung gepeng.

Anehnya, di tahun ini, usulan anggaran pembangunan rumah singgah tidak dimasukan dalam APBD. Sementara kondisi kota Ambon saat ini, makin dipenuhi gepeng hingga anak-anak jalanan yang sering mangkal di beberapa lampu lalu lintas atau traffic light.

“Rumah Singga terus terang, untuk anggaran tahun ini tidak ada. Karena tidak ada yang bisa kita cantol. Sistimnya nggak ada,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhayati Jassin, kepada wartawan, Kamis (14/1).

Dia mengaku, sebelumnya Walikota Ambon, Richard Louhenapssy sudah melakukan pertemuan dengan pihaknya. Agar fokus untuk membangun rumah singgah, karena dinilai sangat bermanfaat untuk melakukan pembinaan terhadap gepeng. Dan kata walikota, semua tergantung dari Bappekot. “Kami sudah koordinasi dengan Bapekot. Tapi untuk rumah singgah tidak ada,” bebernya.

Istri dari Sekda Maluku, Kasrul Selang ini mengaku, di tahun 2020, anggaran rumah singgah memang ada. Namun kemudian telah direfocusing untuk penanganan Covid-19.

“Memang kita sudah usul, tapi input disistim tahun ini tidak ada. Pak walikota juga sudah suruh Bappekot untuk mencari, agar kegiatan rumah singgah ini mungkin bisa nyantol dimana, program nana gitu,” pungkasnya.

Ditambahkan, anggaran rumah singgah tahun 2020 yang direfocusing untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon, sebesar Rp 700.000.000. (IAN)

Comment