by

Pemkot Target Bangun Tiga Pasar Baru

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Ambon, kembali menargetkan tiga lokasi untuk dibangunnya pasar rakyat baru. Tiga lokasi tersebut diantaranya kawasan Wayame, Tawiri dan Hative.

Alasan pembangunan pasar rakyat ini, dinilai untuk memenuhi memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena jangkauan masyarakat dikawasan itu dengan pasar Mardika dianggap cukup jauh. Sementara beberapa pasar lainnya juga telah dibangun sebelumnya di tahun 2017-2018 lalu.

“Harus ada pasar di tiga kawasan itu,” tandas Plt Kepala Disperindag Kota Ambon, Robby Silooy, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/2).

Silooy menjelaskan, satu hal yang menjadi persoalan klasik dalam sektor pembangunan hingga saat ini yaitu, ketersediaan lahan untuk melaksanakan pembangunan pasar rakyat.

“Yang menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah ketersediaan lahan. Kalau lahan sudah ada, otomatis program bantuan pasar rakyat yang diberikan Kemendag RI, bisa kita kerjakan,” bebernya.
Dituturkan, dengan ketersediaan pasar rakyat pada tiga lokasi tersebut, dianggap dapat membantu mempercepat proses revitalisasi pasar Mardika.

“Saat ini program prioritas Pemerintah Kota Ambon, yang sedang dijalankan adalah revitalisasi pasar Mardika. Kalau sudah ada banyak pasar di kawasan permukiman warga, otomatis pedagang yang berada di Mardika, bisa memilih tempat relokasi tergantung domisilinya mereka,” papar dia.

Belum lama ini, lanjut Silooy, Pemerintah Pusat lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memberikan bantuan kepada Pemkot Ambon untuk membangun pasar rakyat baru.

“Untuk memadai fasilitas pasar rakyat yang ada di Kota Ambon, maka Pemerintah Pusat melalui Kemendag RI, menyediakan bantuan untuk pembangunan pasar baru,” imbuhnya.

Silooy juga mengaku, bantuan tersebut sangat bermanfaat kepada masyarakat Kota Ambon. “Kalau semua pasar yang sudah ada sebelumnya, bisa difungsikan. Otomatis hal ini semakin memudahkan proses revitalisasi,” tutupnya. (IAN)

Comment