by

Pemkot Target Tuntaskan Vaksinasi Tahap Dua

Pemerintah Kota Ambon sementara berupaya, agar target vaksinasi Covid-19 tahap dua bisa diselesaikan. Guna meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat secara kelompok minimal mencapai 75 persen, agar tidak perlu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Sebetulnya semata-mata untuk secepatnya kita bisa capai apa yang disebut dengan herd immunity. Artinya terjadi kekebalan kelompok yang minimal harus 75 persen. Kalau semua sudah divaksin kita sudah capai kekebalan kelompok itu, sudah agak baik, kemungkinan besar kita sudah bisa meninggalkan masker,” terang Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G Latuheru, kepada wartawan, Rabu (19/5).

Menurutnya, jika masyarakat masih saja susah untuk disuntik vaksin, maka hal ini tidak bisa berjalan dalam waktu dekat.

Sebelum divaksin, lanjut dia, pihaknya pasti akan melakukan skrining terlebih dulu. Agar memastikan seseorang bisa diberikan vaksin atau tidak Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Datang saja. Kalau ada sakit datang saja untuk divaksin. Karena nanti dokter yang menentukan kalau memang skrining dan tidak bisa divaksin, harus ditunda maka akan ditunda dan tidak bisa. Karena penyakit bawaan yang tidak bisa divaksin, nanti dikasih keterangan. Makanya datang dulu untuk divaksin kedua. Jangan takut, vaksin ini aman dan halal,” himbaunya.

Latuheru mengaku, pihaknya telah membuka program vaksinasi massal tahap kedua kepada seluruh warga Kota Ambon di lapangan Merdeka. Yang berlangsung sejak 19 kemarin hingga 31 Mei 2021. Lokasi yang dipilih, karena ada pertimbangan terkait ongkos para penerima vaksinasi Covid-19.

“Diperuntukan untuk semua elemen yang sudah waktunya harus divaksin tahap kedua. Diantaranya Guru atau Dosen, ASN, pedagang, pelaku usaha, pelaku pariwisata termaksud tokoh agama, supir angkot, tukang ojek, ojek online, penerima PKH dan lansia. Pelayanan mulai jam 9 hingga jam 5 sore. Kita buka disini karena ada pertimbangan,” himbaunya.

Kata dia, Pemerintah Kota Ambon menargetkan masyarakat yang harus menerima vaksin tahap dua sebanyak 72 ribu orang. “Kita upayakan secepatnya supaya warga kota ini divaksin, untuk kita mencapai herd community itu. Jadi kekebalan kelompok itu sebetulnya sasaran kita, ” pungkasnya. (IAN)

Comment