by

Pemneg Laha Akan Kembangkan BUMDes

beritakotaambon.com – Pemerintah Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon akan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab, keberadaan BUMDes sangat penting bagi suatu desa/negeri dalam menunjang ekonomi negeri.

“Karena BUMDes ini yang mengatur setiap pendapatan yang ada di desa ataupun negeri. Setiap potensi usaha yang ada itu harus dikelola oleh BUMDes atau BUMNeg,” terang Sekretaris Negeri Laha, Fahmi Mewar, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/9).

Diakuinya, BUMDes Laha memang sudah ada sejak tahun lalu. Namun belum berfungsi dengan baik, sehingga tidak lagi berjalan.

Baca juga: 60,9 Persen Warga Ambon Sudah Divaksinasi

Dan di tahun ini, sambung Fahmi, pihak negeri akan mengaktifkan kembali BUMDes tersebut untuk membantu memproduksi setiap produk asli desa agar tidak diambil alih oleh pihak lain.

“BUMDes-nya sudah ada tinggal kita aktifkan kembali. Kemudian kita pilih siapa yang menjadi ketuanya. Setelah itu, akan kita laksanakan melihat produk-produk asli desa yang ada di masyarakat,” tandasnya.

Bukan hanya BUMDes yang mempunyai peran penting dalam menjaga produk asli milik desa. Namun, peran masyarakat juga sangat diperlukan.

“Untuk kordinasi hal ini dengan masyarakat kita memerlukan waktu juga. Karena untuk melibatkan masyarakat dalam hal ini mungkin sedikit sulit. Kita harus menjelaskan terlebih dahulu kepada mereka terkait tujuan BUMDes. Sehingga mereka dapat mengerti dan mau bekerjasama dengan kami menjaga produk-produk asli milik desa,” sebut dia.

Baca juga: Wawali Ziarah ke TMP Kapaha

Setelah BUMDes resmi di bentuk kembali, sambung Fahmi, pihaknya akan melakukan rapat bersama untuk memikirkan bagaimana cara suatu pemerintahan tetap menjaga produk aslinya dan dapat mengembangkan produknya lebih luas.

“Ini yang nantinya menjadi target daripada BUMDes yang kita bentuk. Karena banyak sekali produk asli milik Laha yang perlu dikembangkan dan dijaga oleh semua masyarakat yang ada di Laha,” tutupnya. (BKA-2)

Baca juga: Mocdar Bugis Apresiasi Penyelenggaran Turnamen Tingkat Desa Waemorat

Comment