by

Pemuda Bejat Diseret ke Meja Hijau

Ambon, BKA- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku, Selvia Hattu menggiring Rudolf Matheis Soselisa, Warga Desa Passo, Kecamatan Baguala ke meja sidang di Pengadilan Negeri Ambon karena terlibat dalam kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur.
Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan JPU itu, dipimpin ketua majelis hakim, Hamjah Kailul Cs, sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya, Fileo Pistos Noija, pada Rabu (6/1).

JPU dalam berkas dakwaannya menguraikan, tindak pidana yang dilakukan pria 61 tahun ini, terjadi Sabtu 28 Maret 2020, dimana, korban yang baru berusia 12 tahun ini, awalnya sedang bermain dengan teman-temannya di depan rumah terdakwa. Terdakwa lalu memanggil korban untuk masuk ke dalam rumah kemudian mengunci pintu rumah selanjutnya terdakwa bersama korban masuk ke dalam kamar terdakwa. Disana, terdakwa memaksa korban melakukan pencabulan.

Perbuatan terdakwa tidak hanya berhenti disitu. Terdakwa kembali melakukan cabul terhadap korban sebanyak dua kali dengan tempat yang sama, yakni di dalam kamar terdakwa.

“Perbuatan terdakwa didakwa melanggar pasal 76 E no 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak jo pasal 82 ayat (1) tentang perubahan kedua atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak jo pasal 64 ayat (1) KUHP,” jelas JPU.

Usai mendengarkan dakwaan JPU, hakim menunda sidang hingga pekan depan untuk pemeriksaan saksi-saksi.(SAD)

Comment