by

Penderita Gizi Buruk Diberangkatkan ke Tiakur

Ambon, BKA- Penderita Gizi Buruk, Johan Yusuf Seralurin akhirnya dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Johan diberangkatkan menggunakan KM Berkat Taloda dari pelabuhan Kroin, Kecamatan Babar Timur, Rabu (5/5).

Johan ditemani ibu kandungnya, Anita Waliana bersama ayah tirinya, Lukas Oraile yang dikawal personil Polsek Babar Timur. Johan diberangkatkan dari Puskesmas Letwurung menggunakan mobil Ambulance milik dan dikawal langsung oleh Kapolsek Babar Timur, Ipda Ever Keiwury, Kepala Desa Wakpapapi Martinus Oraplawal, Tim Kesehatan Puskesmas Letwurung dan kelaurga pasien.

Kapolsek Babar Timur, Ipda Ever Keiwury mengatakan, keputusan untuk membawa pasien gizi buruk itu disepakati bersama oleh pihak keluarga, petugas puskesmas dan pihak kecamatan setempat. Mengingat kondisi Johan mulai membaik.

Kapolsek menjelaskan, setelah mendapat perawatan medis tiga hari, Johan mendapat rujukan untuk mendapat penanganan medis lanjutan di RSUD Tiakur, Kecamatan Moa, MBD.

” Saat keberangkatan pasien gizi buruk tersebut (Johan), kondisi pasien masih dalam keadaan baik. Sehingga diharapkan saat tiba di RSUD Tiakur, mendapat penanganan medis yang lebih baik. Agar pasien tersebut dapat terlepas dari penyakit gizi buruk yang dialaminya,” terangnya.

Ia juga menegaskan, persoalan ini perlu ditangani serius dan mendapat perhatian pemerintah daerah saat Johan tiba di ibukota kabupaten. Sehingga orang tua dan masyarakat kabupaten MBD dapat merasakan kepedulian pemerintah dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil.

Menurutnya, setelah pasien gizi buruk mendapat surat rujukan ke RSUD. Dirinya kemudian berkoordinasi dengan pihak KM Berkat Taloda, terkait biaya penumpang pasien dan seluruh rombongan yang berangkat tidak dipungut biaya. Hal itupun kemudian disetujui. “Harapan saya, setibanya Johan di RSUD, langsung diberikan perawatan intensif,” harapnya. (GEM)

Comment