by

Pendidikan di SBT Butuh Perhatian Serius

Ambon, BKA- Upaya Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kabupaten dalam mendorong perkembangan pendidikan di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), perlu dimaksimalkan. Bagaimana tidak, pada kabupaten tersebut masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Mulai dari pemenuhan kualitas tenaga pengajar maupun saranana dan prasarana pendidikan di kabupaten SBT.

Anggota DPRD Maluku, Alimudin Kolatlena menyebutkan, di SBT, berbagai kekurangan pada dunia pendidikan hampir merata pada semua kecamatan yang ada. Terkhusus pada daerah-daerah terpencil, sehingga perlu ada gerak cepat dari pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di kabupaten tersebut.

“Memang ada upaya dari pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan. Tetapi fakta yang kita temui, ada banyak hal yang masih harus dibenahi. Ini mestinya menjadi perhatian bersama,” ujar Kolatlena, kepada wartawan di Balai Rakyat Karang Panjang Ambon, baru-baru ini.

Anggota DPRD Dapil Kabupaten SBT ini menilai, dari sejumlah sekolah yang ada kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu, ada ada sekolah yang hanya memiliki satu orang tenaga guru. Begitupun minimnya ketersediaan guru-guru mata pelajaran, termasuk guru-guru yang berstatus sebagai PNS.

“Karena itu kita minta kerja keras bersama. Harus ada perhatian serius dari Pemerintah Provinsi yang berkaitan dengan sekolah-sekolah dibawah kewenangannya. Termasuk Pemkab SBT kepada sekolah-sekolah dibawah kendalinya,” harap Politisi Gerindra ini. (RHM)

Comment