by

Pendidikan Karakter Ditingkatkan

Ambon, BKA- Selama proses Belajar Dari Rumah (BDR) diterapkan oleh pemerintah, SD Yakobus tidak pernah melupakan pentingnya pendidikan karakter bagi siswa.

Materi pendidikan karakter selalu disisipkan guru pada setiap kali pelaksanaan proses belajar mengajar dilaksanakan, baik secara Daring maupun Luring.

Kepala SD Yakobus, Peternus Refwalu, mengatakan, hal itu sangat penting untuk menumbuhkan karakter anak selama proses belajar di rumah. Jadi sekolah tidak hanya fokus pada mata pelajaran akademik saja.

“Kita tidak melupakan pendidikan karakter siswa, karena itu penting. Kita mulai dari hal-hal kecil, yang mungkin diangap sepele, namun berdampak besar bagi pertumbuhan karakter anak. Misalnya, sebelum memulai proses pembelajaran online, harus memulai dan mengakhirinya dengan doa. Selanjutnya, mengevaluasi aktivitas anak selama di rumah. Entah itu saat belajar maupun bermain, harus juga disampaikan agar diketahui oleh guru. Tidak hanya itu, dalam proses belajar online, siswa juga diminta tepat waktu, seperti halnya di sekolah, mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai petunjuk. Semua itu, bukan berarti kita paksakan mereka, tapi ini anggap saja kita dalam belajar tatap muka disekolah, jadi aturan dasar itu tetap sama,” terang Refwalu, Selasa (22/9).

Hal yang sama juga diterapkan oleh guru pada setiap kesempatan berkunjung ke rumah siswa. Sebelum memulai proses belajar, diharapkan membangun percakapan dengan orangtua untuk menanyakan aktivitas anak di rumah, termasuk apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan bagian dari penanaman sikap disiplin, tanggung jawab dan kejujuran. “Kita tidak bisa hanya fokus pada akademik. Karena sebagai pengganti Ujian Nasional (UN), siswa persiapan ujian perlu disiapkan komptensi dan juga karakter yang baik. Hal itu sesuai dengan maskud asesmen kompetensi dan survei karakter, yang menitikberatkan ujian tersebut pada penalaran, bukan capaian pemahaman materi mata pelajaran. Itu sebabnya, guru dan orang tua harus bekerjasama memberikan pendidikan yang berkarakter dan bermakna. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini,” terangnya.

Pendidikan karakter sangat penting, karena seiring perkembangan jaman, siswa dituntut agar lebih kreatif, inovatif, dan berkompetensi, serta berkarakter.

”Itu dilakukan untuk meresponi kebijakan pemerintah saat ini. Khususnya yang berkaitan dengan situasi hari ini, bahwa jangan kita banyak berikan tugas kepada siswa. Tapi memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkreasi lewat pembelajaran yang ada, sepanjang itu masih dalam pengawasan dan pendampingan guru dan orangtua. Sehingga dalam kesempatan belajar online atau berkunjung ke rumah siswa, sangat penting untuk mengetahui perkembangan anak selama di rumah. Agar bukan saja guru memberikan materi sebagai tuntutan akademik, tapi juga memberikan bimbingan dan pendampingan demi pertumbuhan karakter anak menjadi baik,” tandas Refwalu. (LAM)

Comment