by

Pendidikan Ukuran Kemajuan Daerah

Ambon, BKA- Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam membangun sebuah bangsa atau daerah. Sehingga sektor pendidikan harus mendapat perhatian serius oleh pemerintah.

Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Idris Rumalutur, saat menghadiri sosialisasi FKIP mengajar, kampus merdeka dan sarjana pendidikan dalam jabatan, yang digelar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura Ambon, bersama Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, di Bula, Jumat (5/3), mengatakan, ukuran atau indikator kemajuan suatu daerah ditentukan pada kemajuan sektor pendidikan.

Karena itu, dia mengambut baik kegiatan yang digelar FKIP Unpatti Ambon bersama Dikbudpora SBT tersebut, karena dinilai sangat positif bagi upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten bertajuk “Ita Wotu Nusa” itu.

“Pemda SBT merespon dengan baik kegiatan sosialisasi Dekan FKIP Unpatti Anbon. Karena merupakan peningkatan SDM. Sudah tentu itu juga menjadi ukuran kemajuan suatu daerah dari segi pendidikan,” tutur Rumalutur.

Di hadapan puluhan pegawai dan guru yang mengikuti giat tersebut, dia menyampaikan, Indonesia memiliki banyak orang pintar, bahkan luar biasa. Tapi tidak sedikit pula dari mereka yang memiliki mentalitas yang kurang baik.

“Tapi banyak orang pintar dan hebat itu, menyebabkan masyarakat itu rugi dengan perbuatan mereka,” katanya.

Untuk itu, Rumalutur mengingatkan para guru agar menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Mengajar dengan sepenuh hati, agar dapat melahirkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

“Seorang guru, dia harus mengajar dengan hati. Sebab Orang yang mengajar dengan hati, dia tidak akan merasa terpaksa melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan,” pungkasnya. (SOF)

Comment