by

Penerapan PPKM Mikro Dinilai Positif

Ambon, BKA- Kebijakan Presiden RI, Joko Widodo terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dinilai positif. Yakni lewat Satgas Covid-19 Kota Ambon, sudah menerapkan kebijakan tersebut atas perintah Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Saya menilai itu sangat positif dalam penanganan Covid-19,” ungkap Koordinator Fasilitas Umum Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Richard Luhukay, kepada wartawan, Selasa (27/4).
Meskipun belum ada instruksi terkait penerapan PPKM, sambung Luhukay, namun Pemerintah Kota Ambon sudah mengimplementasikannya sesuai perintah Walikota Ambon.

Selama bulan suci Ramadhan, sebutnya, walikota Ambon juga berikan kewenangan bagi setiap desa/negeri maupun kelurahan dan camat, agar dapat mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat di masing-masing wilayah.
“Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan apa yang telah disampaikan Pak Presiden beberapa waktu yang lalu. Bahwasanya PPKM Mikro yang sudah berlaku Februari. Tindakannya mulai daripada hulu, yaitu desa, kelurahan, negeri dan camat itu,” ujarnya.

Menurutnya, PKKM dimaksud juga bersifat untuk memaksimalkan fungsi dari tim Satgas dalam penanganan Covid-19. “Bahwasanya itu, yang tadi saya sampaikan. Dengan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga masing-masing wilayah,” tandasnya.
Disinggung dengan adanya PPKM, apakah PSBB transisi akan diganti, Richard mengaku, gambarannya seperti itu. “Walaupun kita masih berstatus PSBB transisit, namun semua kebijakan ada pada kepala daerah,” cetusnya. (IAN)

Comment