by

Penerapan PSBB Transisi Perlu Dievaluasi

Ambon, BKA- Pemerintah Provinsi Maluku dan kota Ambon, dinilai perlu melakukan evaluasi terhadap sejumlah penerapan PSBB Transisi yang telah diterapkan selama ini. Agar dapat mengetahui langkah-langkah apa yang perlu diambil dalam masa pandemi Covid-19.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasan, kepada wartawan di gedung DPRD Karpan Ambon, Kamis (19/11).

Menurutnya, jika dalam kondisi seperti ini masyarakat sudah mulai terbiasa beraktivitas, ini dibuktikan dengan adanya geliat ekonomi yang semakin baik dari waktu ke waktu. Namun disisi lain, masyarakat tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan.

“Ini penting dilakukan, agar pemerintah bisa mengetahui apa saja yang mesti dilakukan dan tidak dilakukan di masa pandemic covid-19” ungkap Hurasan.

Dijelaskan, dengan adanya evaluasi yang menyeluruh oleh pemerintah daerah, maka dapat diketahui apakah memungkinkan untuk dilakukan kegiatan-kegiatan tatap muka terhadap pembelajaran anak di sekolah dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

“Penting dilakukan karena dari 11 kabupaten/kota, ada daerah yang zona hijau yang memungkinkan penerapan kegiatan tatap muka dilakukan,” tutur politisi PKB ini.

Menurut dia, ada daerah yang masih zona hijau yang memungkinkan penerapan kegiatan secara normal. Maka jika pemerintah daerah melakukan evaluasi secara bertahap, tentunya ada kebijakan yang diambil. Sehingga masyarakat akan mulai terbiasa lagi dengan pemberlakuan tatanan hidup yang baru.

Hurasan juga menilai, pemerintah mesti memperhatikan dan melakukan evaluasi secara bertahap terhadap bantuan yang dilakukan bagi masyarakat di masa pandemic covid -19. Dengan begitu, ekonomi masyarakat dapat berputar dengan baik.

“Prinsipnya dalam masa pandemic covid-19, maka koordinasi dan komunikasi lintas kabupaten/kota perlu dilakukan. Agar pengambilan keputusan dapat saling menguntungkan dan tidak membingungkan masyarakat,” pungkasnya. (RHM)

Comment