by

Penerima BLT Desa Tifu Sesuai Tingkat Pendapatan Ekonomi

Sebanyak 31 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tifu, Kecamatan Lolong Guba, telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap I bulan Januari.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zeth Belen, mengatakan, warga penerima BLT di desa tersebut sesuai data yang ditentukan berdasarkan prosedur, yakni, dilihat dari tingkat pendapatan ekonomi mereka.

“Sebanyak 31 KPM yang mendapat bantuan BLT. Penyerahan BLT merupakan tahap I untuk bulan Januari,” kata Zeth, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (7/7).


Selain itu, dia menyebut kriteria penerima BLT DD, yakni, mereka yang memang termasuk dalam kategori miskin dan warga yang kehilangan mata pencaharian atau terdampak pandemi covid-19.

Menurutnya, kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian merupakan kriteria utama. Karena kriteria itu dikonsultasikan atau dicek dengan data terpadu kesejahteraan nasional. Jika nama calon penerima ada dan belum dapat bantuan, maka yang bersangkutan akan menerima BLT.

“Selain itu, yang diluar penerima BLT ini, sebagian besar warga sudah terakomodir dalam bantuan lain, dalam hal ini ada yang di PKH dan BST,” ungkapnya.

Lanjut Zeth, dengan semakin meningkatnya kondisi pandemi Covid-19 di indonesia, masyarakat jangan terlena dengan bantuan tersebut. Tetapi masyarakat harus kerja keras, dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa, demi meningkatkan keberlangsungan pendapatan keluarga.

“Dalam kondisi saat ini, masyarakat tidak boleh terlena dengan bantuan yang ada. Tapi mereka harus berusaha memannfaatkan potensi yang ada di lingkungan, untuk memperoleh pendapatan keluarga,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berharap, dengan bantuan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluaga selama masa pandemi Covid-19. (MG-1).

Comment