by

Penerima BLT Desa Waekerta 81 KPM

Pemerintah Desa (Pemdes) Waekerta telah menetapkan jumlah penerima BKT DD di desa tersebut sebanyak 81 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah tersebut ditetapkan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan bersama oleh tim pendataan, pemerintah desa serta para stakeholder yang ada di desa itu.

Kemudian jumlah itu ditetapkan sebagai keputusan sesua hasil Musyawarah Desa (Musdes), yang berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Desa Waekerta, 27 Februari lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekerta, M. Basri Soamole, mengatakan, warga yang dipilih sebagai calon penerima BLT DD tahun ini berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.


“Tentu yang berhak menerima BLT DD tahun ini, itu sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Tinggal bagaimana kebijakan desa untuk menyesuaikan itu,” kata M. Basri kepada BeritaKota Ambon, Kamis (22/4).

Sesuai kebijakan pemdes setempat, untuk penerima BLT tahun ini lebih di prioritaskan pada warga yang terkena dampak pandemi Covid-19, yakni, warga benar-benar kurang mampu secara ekonomi.

Kategori warga yang merasakan dampak dari kondisi pandemi Covid-19 dalam hal ini, seperti, para warga yang lansia, janda atau duda, dan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya.

“Jadi memang prioritas kami itu, untuk masyarakat yng betul merasakan dampak dari pandemi ini, seperti para janda-janda atau duda, kemudian para orang tua kita yang sudah Lansia, serta orang-orang yang memang secara ekonomi tidak mampu, ” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya tinggal menunggu proses pengalokasian dana desa. Jika proses ini selesai, maka anggaran BLT-DD tahun 2021 tahap awal akan dicairkan.

“Sekarang kita masih tunggu prosesnya ini, kalau sudah selesai baru setelah itu kita cairkan BLT DD tahap awal, ” pungkasnya.(MG-1).

Comment