by

Penerima Dana Gempa Tersisa 13 Kelompok

Ambon, BKA- Realisasi bantuan penerima dana gempa tahun 2019 terhadap 121 kelompok untuk tahap I di Kota Ambon, tersisa 13 kelompok. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan berupaya merealisasikan seluruh bantuan pada Maret 2021 ini.

Ratusan kelompok kerja ini, berasal dari 1.454 kepala keluarga (KK) yang terdaftar sebagai penerima bantuan gempa tahun 2019.
“Beberapa waktu lalu, kami sudah koordinasi dengan BNI untuk segera selesaikan ini,” ungkap Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays, kepada wartawan, Selasa (2/3).

Dikatakan, apabila proses pencairan dana gempa ini dapat selesai sesuai waktu yang diharapkan, maka akan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan dana gempa tahan II di akhir Maret 2021.
“Sesuai dengan target, tahap pertama selesai di bulan ini. Saya harap ini dapat selesai dengan cepat,” pintanya.

Menurut Demmy, ada 79 KK penerima bantuan yang sudah memperbaiki rumah mereka secara mandiri. Untuk itu, dana pribadi yang dipakai pastinya akan diganti sesuai kerusakan rumah pasca gempa bumi 2019 lalu.

“Dari 79 KK, 56 diantaranya telah dilakukan proses ganti rugi. Dan tersisa 13 KK saja. Ganti rugi itu tetap mengikuti aturan sesuai dengan kategori kerusakan. Jadi kalau rusak ringan nilainya 10 juta, rusak sedang 25 juta dan rusak berat sebesar 50 juta,” ucapnya.

Tambah dia, dana untuk tahap pertama sebesar Rp 32 miliar. Bantuan tersebut tersalur lewat BNI, termasuk proses pencairannya juga di BNI. “Kita harap, semua bisa selesai di bulan ini (Maret) agar pencairan tahap kedua bisa dilakukan kepada 1.764 KK,” pungkasnya. (IAN)

Comment