by

Pengabdian Masyarakat Unidar di Hitumeseng, Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbasis Sagu

beritakotaambon.com – Sagu merupakan merupakan salah satu bahan dasar berbagai panganan lokal bagi masyarakat Maluku, sehingga telah menjadi kearifan lokal masyarakat.

Banyak jenis panganan yang dapat diolah dengan menjadikan Sagu sebagai bahan dasar, seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan berdasarkan berbagai penelitian, yang diimplementasikan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Dan hal tersebut terus dikembangkan oleh para peneliti dari perguruan tinggi, termasuk Universitas Darussalam (Unidar) Ambon.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Darussalam (Unidar) Ambon yang terdiri dari Dr. Ir. Hadidjah Latupono, MP, Dr. Ir. Samin Botanri, MP dan Suud Marasabessy, SE., MM bersama tujuh mahasiswa, menggelar Sagu Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbasis Sagu kepada PKK dan kelompok pemuda Desa Hitumesing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, 19 Desember lalu.

Ketua Tim Pengabdian Unidar Ambon, Dr. Ir. Hadidjah Latupono, MP, mengungkapkan, ada beberapa materi pelatihan yang diajarkan, yang semua resepnya berbahan dasar sagu. Seperti, Bika Sagu, Puding Sagu, Talam Sagu, Sagu Keju, dan Sagu Keju Susu.

Dia menambahkan, pelatihan tersebut diselenggarakan setelah Unidar Ambon mendapatkan HIBAH Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pemgbdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi.

“Pelatihan pembuatan jenis kue atau makanan lainnya yang berbahan baku sagu, akan terus dilakukan oleh Universitas Darussalam Ambon di waktu yang akan datang, sebagai wujud dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ” pungkas Latupono. (Adv)

Comment