by

Pengadaan Air Bersih dan Rumah Adat, Prioritas Desa Waehata

Ambon, BKA- Ada dua program pembangunan prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Waehata, Kecamatan Waelata, pada tahun anggaran 2021.

Dua program prioritas tersebut, yaitu, air bersih masuk desa dan pembangunan balai pertemuan adat.

Kedua program tersebut disusun sesuai hasil keputusan Musyawarah Perencanaan Pembagunan Desa (Musrembangdes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021 Desa Waehata, yang dilaksanakan pada 26 Januari lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waehata, Ali Nacikit, mengatakan, program yang direncanakan pada tahun anggaran 2021, difokuskan pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


“Alhamdulillah, kami sudah menetapkan program tahun 2021. Yang kemarin Musrembang Desa itu diprioritaskan pembangunan dengan pemberdayaan,” kata Ali, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (31/1).

Ali menjelaskan, program pembangunan yang diprioritaskan tahun ini, menjadi kebutuhan mendesak masyarakat di Desa Waehata.

“Pembangunan itu termasuk air bersih masuk desa dengan balai pertemuan adat. Sementara di bidang pemberdayaan masyarakat ada di bidang peternakan, itu pengadaan sapi untuk kelompok peternakan,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, untuk tahun ini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah menjadi kewajiban, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sementara data penerima bantuan tersebut belum ditentukan untuk tahun 2021.

“BLT juga masuk, karena itu sudah kewajiban selama 1 tahun. Kalau untuk data tahun kemarin itu masih tetap 110, tapi saya rencana di tahun 2021 ini akan melakukan pendataan ulang, apa jumlahnya berkurang atau bertambah. Jadi belum tetap,” pungkasnya. (MSR)

Comment