by

Pengambilan Tilang Kendaraan di Kejaksaan Gratis

beritakotaambon.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Buru menggratiskan pengambilan barang bukti (BB) tilang yang sudah diputuskan di Pengadilan.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Buru, Pola Martua Siregar mengungkapkan, pengambilan tilang secara gratis tersebut telah diberlakukan di Kejari Buru. Dimana program ini bukan program gratis, melainkan dalam pengambilan tilang pelaksanaan eksekusinya ada di Kejaksaan.

“Jadi untuk seluruh orang yang kena tilang di Namlea ini, agar melakukan pengambilan tilang di Kejaksaan Negeri Buru. Dan tidak usah takut terkena pungutan biaya, karena pengambilan tilang di Kejaksaan Negeri Buru itu tidak ada pungutan biaya satu rupiah pun,” terang Siregar, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (16/9).

Menurut Siregar, barang bukti (BB) berupa tilang itu akan diberikan atau dikembalikan kepada pemiliknya secara gratis kepada seluruh masyarakat yang terkena tilang oleh Sat Lantas Polres Pulau Buru.

“Semua putus pengadilan, tilang adalah proses peradilan yang harus dinaikkan ke pengadilan. Nah, proses eksekusinya itu setelah putusan telah berkekuatan hukum tetap dia (barang bukti) akan dieksekusi oleh kejaksaan,” ujar dia.

Ia menyebut, BB tilang yang bisa diambil mulai dari surat izin mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga kendaraan roda dua maupun roda empat yang telah melalui proses pengadilan.

“Pokoknya semua orang yang berurusan dengan tilang ketika mau melakukan pembayaran atau mau pengambilan barang bukti, baik motornya, STNK, SIM-nya yang kena tilang, itu bisa melakukan pengambilan di Kejaksaan Negeri Buru tanpa biaya. Tanpa pungutan satu rupiah pun,” tegasnya.

Siregar menuturkan, BB tilang yang bisa diambil secara gratis adalah yang sudah melewati proses di pengadilan dan sudah ada di kantor Korps Adhyaksa.

“Ini seratus persen biayanya gratis dan akan diproses secara cepat. Tapi sudah melalui pengadilan terlebih dahulu,” tutup dia. (MSR)

Baca juga:
Dishub : Belum Ada Kebijakan Hilangkan Becak

Comment