by

Pengawasan Orang Asing Perlu Ditingkatkan

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hykum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, mengingatkan, Pengawasan Orang Asing (PORA) harus tetap dilakukan dengan baik. Jangan sampai kendor di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Andi Nurka saat menghadiri rapat koordinasi dan pembahasan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Maluku Tengah, yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, di New Lelemuku Hotel, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (28/05).

Menurut Andi, peningkatan kinerja Tim PORA penting untuk dijaga untuk menjamin kemanfaatan orang asing, serta dalam rangka menunjang tetap terpeliharanya stabilitas dan kepentingan nasional, kedaulatan negara, keamanan dan ketertiban umum, serta kewaspadaan terhadap dampak negatif yang timbul akibat perlintasan orang antar negara.

Kondisi penyebaran pandemi Covid-19 yang masif lintas negara hingga ke pelosok negeri saat ini, telah mengancam seluruh aspek kehidupan berbangsa.

Sebagai upaya penanggulangan, katanya, pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan di kementerian terkait.

Namun upaya tersebut harus bisa dibijaki dengan baik, agar tidak menimbulkan dampak negatif. Misalnya, Imbauan pemerintah “di rumah saja” dan “Work from Home” terkait kebijakan pembatasan sosial.

Terangnya, imbauan pemerintah tersebut secara tidak lansung membuka ruang kerawanan potensi pemanfaatan situasi oleh oknum Warga Negara Asing (WNA).

Karena itu, pemantauan ijin masuk dan ijin tinggal dan sebagainya terhadap orang asing, ungkap Andi, menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan oleh jajaran Imigrasi.

Mengingat kondisi Provinsi Maluku yang luas dan terkadang menghadapi kendala dalam melakukan itu, maka diharapkan keterlibatan semua stakeholder dalam pengawasan tersebut.

“Sebagai bentuk pengawasan bersama terhadap hal tersebut dalam menjaga kedaulatan Indonesia, perlu adanya sinergitas antar instansi pemerintah. Kerjasama ini perlu ditingkatkan terkait kerawanan yang terjadi” tambah Andi.

Rapat koordinasi dan pembahasan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Maluku Tengah itu, dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Marlatu Leleury.

Kegiatan yang bertujuan sebagai giat terlaksananya kegiatan TIMPORA untuk pengawasan lapangan dan koordinasi kepada pihak-pihak yang terkait itu, mengacuh pada Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-11.PR.01.03 tahun 2020 tentang target kinerja Kemenkumham tahun 2021.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Marlatu Leleury, menyampaikan apresiasi terhadap giat tersebut.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, dapat memperkuat komitmen kita bersama, terutama TIMPORA di Kabupaten Maluku Tengah dalam mendukung berbagai kebijaksanaan pemerintah, dan langkah-langkah strategis pengawasan terhadap orang asing, dengan terus berupaya meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan dilapangan,” tandas Leleury.(LAM)

Comment