by

Pengda KONI Ditantang Makan Menu Atlet PON

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan, menantang Pengurus Daerah (Pengda) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku, untuk memakan menu yang disediakan bagi atlet persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, yang saat ini tengah menjalani latihan di Pusat Pelatihan Daerah (Pelatda).

Tantangan itu disampaikan Hurasan seiring keluhan sejumlah atlet PON, terkait menu yang disajikan tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Kami menantang Pengda KONI Maluku untuk makan makanan yang disajikan kepada atlet, yang saat ini mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Papua,” ungkap Hurassan, kepada awak media, Senin (21/6),

Menurutnya, setelah ditindaklanjuti lewat hasil on the spot atau pengawasan Komisi IV di wisma tempat latihan atlet persiapan PON, hampir semua mengeluh dengan menu makanan yang disediakan.

“Dari hasil on the spot, komisi menemukan menu yang diberikan tidak sesuai dengan daftar menu yang seharunya,” ungkapnya.

Sehingga informasi yang berkembang saat ini di publik, bahwa atlet makan ikan asin bubur manado, itu fakta yang ditemukan di lapangan. Bukan dipelintir atau mengada-ngada.

Menu yang dikonsumsi atlet, katanya, sangat berpengaruh terhadap kondisi atlet. Seperti yang terjadi terhadap salah satu atlet tinju, yang mengalami penurunan berat badan, dari 60 Kg menjadi 51 Kg.

Karena itu, selaku anggota DPRD Provinsi Maluku, Hurasan meminta Pengda KONI Maluku untuk segera melakukan evaluasi dan memperbaiki menu makan-minum atlet PON, sesuai dengan rekomendasi ahli gizi. (RHM)

Comment