by

Pengedar Sabu Dihukum 5,4 Tahun Bui

AMBON-BKA, Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan hukuman pidana terhadap Steffen Ernest Michael Suripaty alias Epo (41), terdakwa pengedar narkotika jenis sabu dengan hukuman pidana penjara selama lima tahun empat bulan (5,4), di persidangan, Selasa (27/7).

Baca: Pengacara Narkoba Segera Disidang

Di dalam amar putusan majelis hakim, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 112 ayat (1) UU nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana, serta menjatuhi hukuman pidana terhadap terdakwa selama 5,4 tahun penjara,” ujar ketua majelis hakim Jenny Tulak dalam amar putusannya.

Selain hukuman pidana, majelis hakim juga membebankan terdakwa membayar denda Rp.800 juta subsidier 6 bulan.

Usai mendengarkan putusan, baik JPU maupun penasihat hukum Robert Lesnusa nyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) E. Wattimury menuntut Steffen Ernest Michael Suripaty alias Epo (41) terdakwa pengedar narkotika jenis sabu dengan hukuman pidana penjara selama 8 tahun.

JPU membeberkan, terdakwa ditangkap 4 Februari 2021 bertempat di Kelurahan Husein Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Saat penangkapan anggota polisi Ditresnarkoba Polda Maluku menemukan satu paket narkotika jenis sabu-sabu yang dikemas menggunakan plastik klip bening ukuran kecil yang dimasukkan dalam dus rokok Marlboro merah yang ditemukan di atas rerumputan samping jalan setapak tidak jauh dari tempat terdakwa berdiri.

Baca juga:
Pasutri Pembunuh Bocah Dihukum Bervariasi

Penangkapan terhadap terdakwa bermula dari adanya penangkapan terhadap saksi Joseph Makailopu dan Charles Lembang yang mengakui juga sering mendapatkan narkotika dari terdakwa.
Sehingga saat dilakukan pengembangan di mana Joseph makailopu memesan narkotika jenis sabu dengan harga Rp.500.000 dari terdakwa dan terdakwa memesan narkotika dari Eten Sekawael dengan harga Rp.400.000.(SAD)

Comment