by

Pengentasan Kemiskinan Jadi Prinsip Desa

Ambon, BKA- Sekertaris Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Ampi menegaskan, pengentasan kemiskinan jadi prinsip penting dalam pembangunan desa. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, pengentasan kemiskinan menjadi fokus Desa Hunuth.

“Kita belum bisa bicara aspek lain, kalau warga masih ada yang mengalami kelaparan dan kemiskinan. Pendidikan dan kesehatankan sudah kita laksanakan. Posyandu kita bangun, perpustakan juga kita bangun. Sekarang ini fokus untuk masalah kemiskin,” tandas Ampi, saat dihubungi koran ini, Selasa (23/3).

Dijelaskan, melalui program pemberdayaan dan pembangunan yang dimiliki, pihaknya akan berusaha untuk mengatasi masalah kemiskinan di tahun ini.

“Kalau pemberdayaankan itu ada pembagian bantuan sosial seperti BLT dana desa. Ada juga nanti pemberdayaan pertanian. Dan kalau anggaran masih bisa memungkinkan, kita arahkan juga ke pariwisata,” bebernya.

Sejauh ini, lanjut Ampi, pihaknya masih melakukan pendataan warga yang dinilai kurang mampu, untuk nantinya ditindaklanjuti.
“Sebagian mungkin akan kita bantu dengan bantuan UKM, sebagian lagi mungkin kita pekerjakan mereka dalam program pemberdayaan,” sebut dia.

Ia meminta, agar masyarakat bisa bersabar dalam menghadapi kondisi saat ini. Karena pihaknya akan terus berupaya, agar tingkat kemiskinan warga Desa Hunuth bisa berkurang.

“Kita akan berusaha agar tingkat kemiskinan warga di Desa Hunuth bisa berangsur turun, lewat program pemberdayaan yang akan kita lakukan. Jika dana desa sudah di cairkan oleh pemerintah,” imbuhnya. (BKA-2)

Comment