by

Penggunaan Dana Kelurahan Harus Optimal

Kepala Lurah Karang Panjang (Karpan), Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Dita mengatakan, penggunaan dana kelurahan yang diberikan pemerintah pusat di tahun ini harus optimal.

“Melihat tahun kemarin adanya pengalokasian dana kelurahan untuk penanganan Covid-19, beberapa program sempat tertunda. Anggaran lebih besar ke Covid-19. untuk itu, dana 2021 harus dilakukan dengan sangat optimal,” tandas Dita saat ditemui koran ini, Selasa (4/5)

Ia menjelaskan, untuk tahun ini refocusing anggaran untuk penanganan Covid, 19 tidak sebesar tahun lalu. Sehingga program yang dirancang pihak pemerintah kelurahan bersama warga dalam musrembang dapat dilaksanakan.

“Dana kelurahan tahun ini digunakan untuk program pembangunan seperti drainase, jalan setapak, serta pemberdayaan UKM. Dimana sumber dananya itu dari APBD dan APBN. Dan APBD digunakan untuk melaksanakan semua program pembangunan dan pemberdayaan. Sedangkan APBN digunakan untuk mendukung program yang dijalankan,” terangnya.

Menurutnya, dana kelurahan kali ini akan memacu pada pemulihan ekonomi warga, lewat bantuan sosial yang diberikan.

“Dana ini juga digunakan untuk pemulihan ekonomi lewat pemberian bantuan sosial kepada warga dampak Covid-19, serta warga kurang mampu. Dan ini akan dikelola dengan sebaik mungkin,” ucapnya

Ia meminta, agar warga bisa membantu pihaknya dalam hal melihat kekurangan yang ada di lingkungan. Untuk nantinya dibenahi oleh pihak kelurahan

“Peran aktif warga sangat dibutuhkan dalam hal memmperhatikan kondisi lingkungan. Apa yang perlu dibenahi, dan diperhatikan oleh pihak kelurahan,” harapnya. (BKA-2)

Comment