by

Pengunaan Dana Kelurahan Tunggu Putusan Walikota

Ambon, BKA- Seluruh kelurahan di Kota Ambon masih menunggu keputusan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, terkait penggunaan dana kelurahan tahun 2021.

Masih menjadi pertanyaan, apakah dana kelurahan tahun 2021 masih difokuskan untuk penanganan Covid-19, atau sudah bisa digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Lurah Batu Meja, Siti Tuanaya, mengaku, masih menunggu keputusan Walikota Ambon terkait penggunaan dana kelurahan untuk tahun 2021.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang terjadi, membuat penggunaan dana kelurahan mengalami perubahan. Dana kelurahan tahun 2020 dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan bantuan sosial.

“Kami masih menunggu keputusan walikota mengenai penggunaan dana kelurahan tahun 2021. Kami hanya mengikuti perintah dari atasan, untuk dilaksanakan. Kami belum tahu, apakah di-refocusing atau kembali seperti semula,” terang Tuanaya, Rabu (6/1).

Hal yang sama juga disampaikan Lurah Mangga Dua, Hellen Ritiauw.
“Terkait dana kelurahan tahun ini, kami masih menunggu keputusan Walikota Ambon. Kami belum mengetahui mekanisme penggunaan dana kelurahan untuk 2021 ini,” ujarnyanya.

Dia berharap, dana kelurahan tahun ini bisa digunakan seperti semuala. Karena banyaknya program kelurahan yang terhenti pada 2020 lalu, misalnya, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan yang memerlukan dana.

“Banyak program tahunan yang telah direncanakan, namum belum dilaksanakan. Karena memang belum ada perintah dari atas. Seperti pembangunan dan pemberdayaan. Tahun sebelumnya juga banyak program yang tidak bisa berjalan, akibat tidak tersedianya dana,” pungkas Ritiauw. (MG-1)

Comment