by

Pengungsi Ongkoliong Akan Dibangun Rumah Baru

Pemerintah Kota Ambon akhirnya siap membangun rumah baru bagi warga pengungsi kebakaran Ongkoliong, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau. Baik yang memiliki sertifikat maupun tidak, akan dibangun rumah baru di kawasan Air Besar (Arbes), Desa Batu Merah.

Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru mengatakan, masalah tersebut sudah dibahas antara Pemerintah Kota lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) dengan Pemerintah Provinsi Maluku belum lama ini.

“Nantinya, korban yang mempunyai sertifikat rumah yang terbakar, akan dibangun rumah. Jadi kalau yang punya sertifikat itu dibangun rumah tapak. Kalau yang tidak memiliki sertifikat rumah, maka dibangun rumah susun,” tandas Latuheru, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (20/5).

Sesuai aturan, kata Latuheru, jika ada korban yang rumahnya terbakar 20×20 dan berlantai 2 tidak akan diganti sesuai itu. “Pemerintah hanya memberikan dana stimulan, tidak salah sebesar 55 juta. Itu dibangun dalam bentuk rumah,” sebutnya.

Menurutnya, korban yang mempunyai sertifikat rumah tercatat sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK). “Intinya kita samaratakan. Tindak lanjut kedepan itu yang sementara akan kita atur berikutnya. Sebab warga korban kebakaran yang punya sertifikat, kalau tidak salah hanya 18 KK,” tandas dia.

Dia membenarkan, awalnya kalau semua korban tidak ada masalah terkait lahan, maka bisa diberikan dana stimulan untuk membangun rumah kembali. Namun hanya 18 KK yang punya sertifikat di kawasan Ongkoliong. Namun kawasan tersebut tidak lagi diperuntukkan untuk permukiman.

“Meski begitu juga, tetapi tidak bisa membangun disitu (Ongkoliong), karena kawasan tersebut bukan lagi diperuntukkan untuk permukiman. Karena sudah masuk kawasan ruang terbuka publik, maka pemerintah alihkan mereka ke tempat yang lain, yaitu di Arbes,” pungkasnya. (IAN)

Comment