by

Pengurusan Adminduk Diharuskan Bawa Kartu Vaksinasi

Setiap warga yang datang melakukan pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon, diharuskan membawa kartu vaksinasi. Kebijakan ini mulai berlaku sejak Senin (5/7) pekan besok.

“Jadi kami akan membuat pemberitahuan di baliho, bahwa mulai tanggal 5 Juli 2021 jika akan melakukan pengurusan di Capil harus memiliki surat keterangan vaksinasi,” tandas Kadis Dukcapil, Marcella Haurissa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (2/7).

Selain wajib kartu vaksinasi, sambung dia, pihaknya juga akan melakukan pembagian hari sesuai pengurusan adminduk.

“Mulai Senin nanti kami akan membagi hari. Seperti hari Senin, kami hanya menerima pengurusan KTP, hari Selasa KK, dan seterusnya. Untuk yang datang pun dibatasi mungkin hanya 50 orang sehari, sebutnya.

Dikatakan, jika website Capil sudah bisa digunakan, maka pihaknya akan melakukan pelayanan secara online. ” Kalau besok website Capil sudah jadi, maka kita hanya akan melayani secara online saja walau harus dipaksakan. Mengingat tidak semua orang mampu mengoperasikan laptop atau hp, tambahnya.

Dirinya khawatir, jika diterapkan pembagian waktu pengurusan adminduk, dapat menimbulkan kerumunan. “Kami juga sedang berpikir kemungkinan adanya pembludakan karena pembatasan waktu dan jumlah orang ini. Kami akan rapat lagi sebentar untuk mencari jalan keluar yang lebih efisien, tukasnya.

Haurissa juga menghimbau, agar warga yang hendak melakukan pengurusan Adminduk seperti KTP, kartu keluarga, akte kelahiran dan lainya, bisa dilakukan lebih awal. Bukan mau dilakukan ketika mendesak.

“Kalau ada anak yang lahir, atau pernikahan atau yang lainnya, sesegera mungkin langsung datang buat akte kelahiran, atau pernikahan. Ada banyak sekali masyarakat Ambon yang saat anak mau sekolah, atau kuliah baru mereka tergesa-gesa urus KTP bahkan akte kelahiran. Padahal itu bisa di lakukan 20 tahun yang lalu bagi yang mau kuliah atau kerja. Dan bagi anak yg mau masuk SD 7 tahun yang lalu, ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di kota Ambon, maka masyarakat harus lebih menjaga diri dengan mematuhi semua protokol kesehatan. Salah satunya menjalani vaksinasi Covid-19.

“Jadi harus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Bukan hanya untuk menjaga diri dari covid, tapi juga untuk kelancaran pengurusan, pesan Haurissa. (MG-2)

Comment