by

Pengurusan Kartu Kuning Meningkat

AMBON-BKA, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Ambon, Steiven Bernhard Patty menyebutkan, pengurusan kartu kuning untuk pelamar kerja mengalami peningkatan. Yakni setiap hari, pihaknya selalu melayani masyarakat yang datang untuk pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja.

“Untuk pengurusan kartu AK 1 atau kartu pencari kerja yang bisa orang bilang Kartu Kuning itu, pelayanannya setiap hari. Dan setiap hari ada yang datang urus kartu itu,” terang Steiven, saat dihubungi wartawan, Sabtu (31/7).

Baca: Operasional Armada Perintis Dihentikan

Dalam tahun 2021 ini, kata dia, kurang lebih sebayak 3.400 warga yang mendaftar untuk pembuatan kartu pencari kerja. “Ini dihitung sesuai data dari bulan Januari sampai dengan sekarang,” sebutnya.

Mantan Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon ini juga menjelaskan, masyarakat mereka yang mengurus kartu tersebut, karena diwajibkan untuk memenuhi persyaratan ketika ingin melamar kerja.

“Terkait dengan kartu pencari kerja ini, apabila semua calon pencari kerja yang ingin melamar kerja di salah satu perusahaan misalnya, persyaratan harus ada kartu tersebut,” ungkap dia.

Dengan begitu, sambung Steiven, pihaknya bisa mengetahui berapa jumlah pelamar kerja di Ibu Kota Ambon Provinsi Maluku ini yang lolos. “Agar kita tahu, berapa pencari kerja yang diterima dan tidak diterima,” sebutnya.

Baca: Lagi, Ambon Raih Kota Layak Anak

Ia menambahkan, puncak pengurusan kartu kuning sepanjang tahun ini yang mengalmi peningkatan, saat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Leimena membuka penerimaan pegawai. “Kalau hari biasa kita layani hanya sekitar 15 orang,” pungkasnya. (IAN)

Comment