by

Pengusaha Mikro Akan Dapat BPUM

beritakotaambon.com – Sesuai data Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, sebanyak 21.000 pengusaha mikro, kecil dan menengah akan mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021.

Kepala Dinas Koperasi Kota Ambon, M Keiluhu mengaku, pihaknya sedang berupaya menambah jumlah penerima BPUM tersebut sebanyak 7.000, sehingga totalnya bisa mencapai 28.000 penerima.

Menurutnya, BPUM adalah salah satu jenis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan pemerintah ke pengusaha mikro, kecil dan menengah, dengan total Rp 2,4 juta.

“Ini tahun kedua. Tahun pertama (2020) penerima itu ada 23.000 lebih. Tahun ini ada 21.000 lebih penerima. Jadi mereka yang terima tahun ini, merupakan sejumlah orang dari data tahun kemarin,” ungkap Keiluhu, kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (25/8)

Baca juga: Ambon Turun Zona Kuning

Ia menjelaskan, untuk proses pencairan BPUM itu dilakukan setiap hari. “Yang penerima ini punya SK. Pencairannya setiap hari. Kalau mau detail, tanya BRI,” sebutnya.

Menurut dia, penutupan pendaftaran guna masuk sebagai penerima BPUM, sejak 12 Agustus 2021 lalu. “Nanti diusulkan tahun ini. Kita ada usul 7.000 untuk tambah dengan 21.000 penerima,” terangnya.

Dia berharap, Pemerintah Pusat bisa menanggapi usulan tersebut. Sehingga penerima BPUM di kota ini lebih dari tahun sebelumnya, yang hanya 23.000 lebih.

Baca juga:
Pengawasan JMP Bukan Kewenangan Pemkot

“Saya berharap usulan kami bisa diterima. Kalau memang diterima pasti penerima BPUM tahun ini mencapai 28.000 orang. Dan itu lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun kemarin,” tutupnya. (IAN)

Comment