by

Penilaian Kelulusan SMA Sesuai Format Disdikbud

Kepala SMA Xaverius Ambon, Pius Titirloloby, mengungkapkan, proses penilaian kelulusan siswa mengacu pada petunjuk teknis (Juknis) yang diturunkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbu) Maluku.

Meskipun pemerintah telah memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menentukan kelulusan, tetapi sekolah tidak bisa mengambil kebijakan sendiri dalam menentukan kelulusan.

“Karena proses penilaian memang sesuai kebijakan masing-masing sekolah, tapi ada standar yang sudah di tetapkan pemerintah. Tinggal nanti sekolah tambahkan dari yang sudah ada. Jadi sekolah yang menentukan kelulusan, tapi berdasarkan juknis yang sudah diberikan oleh pemerintah provinsi lewat Disdikbud, yang didalamnya ada juknis penilaian,” ujar Titirloloby, Selasa (20/4).

Dengan Juknis tersebut, kata Titirloloby, nantinya sekolah menambahkan point penilaian untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang relevan.

“Sekolah tinggal menetukan teknis-teknisnya saja. Misalnya jumlah kehadirannya berapa persen, sikap apa yang dinilai dan penilaian lainnya. Point penilaian itu nanti ditambahkan nilai-nilai ujian semester, barulah kita menentukan kelulusan,” tutur Titirloloby. (LAM)

Comment