by

Peningkatan Kapasitas BUMDes Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Pemdes) Ubung, Kecamatan Lilialy, terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Penjabat Kepala Desa (Kades) Ubung, Fahri Umagapy, mengatakan, upaya peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDes dilakukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.


Untuk itu, pada 21 Desember 2020 lalu, Pemdes Ubung menggelar pelatihan peningkatan kapabilitas pengelolaan BUMDes Tarawesi Jaya, yang merupakan BUMDes Ubung.

Ada sejumlah pembicara pada kegiatan tersebut, diantaranya, Kepala Bidang Kerjasama dan Kawasan Pedesaan PMD Kabupaten Buru, Leny Marlina Syukur, Kepala Seksi Kerjasama dan BUMDes Kabupaten Buru, Irna Turaha, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, M. Yamin Maskat.


“Yang saya harapkan, kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi kegiatan BUMDes dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Terkhusus untuk masyarakat Desa Ubung. Dengan ada BUMDes, bisa membantu perekonomian masyarakat yang kurang,” kata dia.

Sementara itu, Kadis PMD Buru, M. Yamin Maskat, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemdes Ubung untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

“Sangat bagus kegiatan peningkatan kapabilitas BUMDes yang dilaksanakan oleh pemerintah desa. Kehadiran BUMDes memang memberikan ruang yang luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan serta menggerakkan perekonomian desa. Hal ini menjadi penting, karena BUMDes merupakan ujung tombak kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Yamin.

Yamin menambahkan, kehadiran BUMDes diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat desa. “BUMDes ini diharapan sebagai sendi pertumbuhan untuk desa. Bisa meningkatkan pendapatan desa. Diharapkan bahwa BUMDes itu bisa menjadikan suatu badan usaha yang betul-betul membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat,” tandas Yamin.(MSR)

Comment