by

Penting Atasi Kejenuhan Belajar dari Rumah

Ambon, BKA- Akibat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang semakin lama di Kota Ambon, menyebabkan pihak sekolah terus berupaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di tengah pandemi Covid-19.

Kepala SD B3 Urimessing, Elmira Silooy mengatakan penting untuk diperhatikan, karena akan sangat berdampak besar bagi proses belajar yang dilakukan saat ini.

Menurutnya, siswa mulai jenuh mengikuti kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Karena setiap hari hanya belajar sendiri di rumah tanpa teman seperti biasanya di sekolah. Terkait persoalan ini, katanya, sekolah tidak bisa mengambil kebijakan untuk kembali belajar tatap muka. Sebab, Pemerintah.

Kata dia dalam hal ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon masih melarang belajar tatap muka. Oleh karena itu, motivasi juga materi yang menarik terus diupayakan oleh guru. Berharap, anak-anak tetap semangat BDR.

“Tidak ada cara lain. Karena sekarang kita masih dibatasi belajar tatap muka. Sebagai guru, tidak mungkin kita terus tinggal diam melihat anak-anak didik kesulitan dalam belajar, hanya karena tidak semangat atau jenuh. Memang mereka mengeluh, tidak bisa bermain dengan teman-teman seperti disekolah,” ungkapnya, Rabu (21/10).

“Tapi, ini kondisi jadi kita tidak bisa menjawab keinginan mereka. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan pengertian, semangat, serta menyajikan materi yang kreatif. Dengan apa yang kita lakukan, memang tidak bisa kembalikan semangat mereka,” sambungnya.

Namun, dengan yang dilakukan oleh pihak SD B3 Urimessing ini dapat membantu siswa-siswi dalam proses belajar di masa virus corona. “Tapi, diharapkan dapat membantu mereka untuk tetap memiliki kemauan untuk BDR. Sehingga saya kira ini penting untuk terus dilakukan bagi mereka selama masih PJJ,” ucapnya.

Atas apa yang diupayakan Silooy bagi anak-anak didiknya, Ia berharap, pandemi ini cepat berakhir, agar proses belajar kembali dilakukan di sekolah. Menurutnya, sebagai pendidik, pasti guru terus mengupayakan agar anak-anak didiknya mendapatkan pendidikan. Namun jika kondisi semakin lama, Ia mengkhawatirkan, siswa tertinggal dari segi akademik.

“Berbagai cara akan kita lakukan. Masalahnya, kalau pandemi ini tetap dalam waktu yang lama juga sulit. Kasihan dengan anak-anak, karena pasti mereka semakin sulit belajar karena tidak lagi semangat. Untuk itu, kita berharap, pandemi ini cepat selesai supaya kita bisa kembali belajar seperti biasa,” harapnya. (LAM)

Comment