by

Penting Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi Guru

Menghadapi kondisi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 saat ini, guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran.

Kepala SMA Kartika XIII, A. Adriaansz, mengungkapkan, semua lembaga pendidikan ditingkat sekolah mulai menuju ke perkembangan Iptek. Sehingga dia tidak mungkin hanya berdiam diri ketika semua sekolah berlomba untuk mencapai kemajuan dengan memanfaatkan berbagai teknologi pembelajaran.

Untuk itu, dia terus mendorong guru di SMA swasta itu agar dapat lebih kratif dan inovatif dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran saat ini.

Hal itu, katanya, tidak hanya dilakukan karena faktor pendidikan di masa pandemi Covid-19. Namun itu dilakukan untuk menjawab tantangan pendidikan di era teknologi saat ini dan akan datang.

Menurutnya, sebagai pendidik, guru sudah harus bisa menggunakan berbagai perangkat teknologi yang ada, guna mendukung dan memudahkan siswa dalam proses belajar.

“Ketika guru itu bisa mengubah proses pembelajarannya menjadi kreatif dan inovatif, akan menarik siswa untuk belajar, meskipun itu belajar dari rumah. Itu yang membuat, sehingga saya harus memberikan motivasi sekalipun semua sudah bisa menggunakan komputer. Tapi untuk membuat bahan ajar yang menarik, itu perlu belajar lagi lewat pelatihan,” katanya, kemarin.

Saat ini, lanjutnya, sekolah yang dia pimpin sudah menggunakan Google Class Education (GCE). Sehingga semua siswa dan guru SMA Kartika XIII akan mendapat bantuan pulsa data, agar dapat mengakses aplikasi pembelajaran tersebut.

“Yang mau akses aplikasi GCE itu kan membutuhkan data internet. Oleh sebab itu, dalam bulan Agustus atau September, kita akan mensuport anak lewat paket data selama satu bulan saja dulu. Selain itu, saya juga sudah mengundang semua oran tua, dan kita pinjamkan buku kepada siswa buat belajar selama di rumah. Jadi kalau soal belajar saja, saya akan selalu support. Yang penting mau belajar. Itu kita lakukan, supaya guru tidak sia-sia untuk belajar tingkatkan kemampuannya,” pungkas Adriaansz. (LAM)

Comment