by

Penutupan KKN Unpatti Digelar Secara Virtual

Penutupan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, untuk gelombang II angkatan XLVII tahun 2021, dilakukan secara virtual, Senin (5/7).

Ketua Pengelola Mata Kuliah KKN Unpatti Ambon, Dr. Samuel Patra Ritiauw, mengatakan, penarikan mahsiswa KKN telah dilakukan sejak 12 Juni lalu, pada 100 lokasi yang tersebar di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Pada 100 lokasi KKN itu, telah diimplementasikan program kegiatan KKN yang terdiri dari dua bentuk, yakni, pelaksanaan kegiatan KKN Reguler dan pelaksanan kegiatan KKN Mandiri. Secara keseluruhan sampai dengan saat ini, kami memperoleh hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan KKN Reguler dan KKN Mandiri, berjalan sesuai yang kita rencanakan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN gelombang II tahun 2021 ini, Unpatti Ambon mencoba memperketat rencana pelaksanaan pembelajaran, yang disusun sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Dari implementasi program yang dibuat, katanya, tercatat 895 akun YouTube yang berhasil dipublikasikan oleh mahasiswa pada 100 lokasi KKN, dengan gambaran implementasi prioritas program unggulan sampai pada implementasi program pendamping pada desa dan kelurahan.

“Selain itu, 895 akun YouTube itu juga berhasil memperkenalkan desa-desa, dengan potret potensi wisatanya. Ini menambah informasi baru, terkait dengan semua peta penyebaran wisata yang tersebar pada Provinsi Maluku,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unpatti Ambon, Prof. Dr. M. J. Saptenno, saat menutup pelaksanaan KKN tersebut, mengatakan, mengapresiasi seluruh mahasiswa KKN maupun para dosen pembimbing lapangan KKN Unpatti gelombang Ke II Angkatan XLVII Tahun 2021.

Dia berharap, inovasi maupun kreatifitas yang dilakukan pada lokasi KKN, dapat dikembangkan lagi sesuai disiplin ilmu masing-masing.”

“Ini adalah KKN yang modern. Mahasiswa didorong untuk lebih kreatif dan inovatif di era digitalisasi. Pemanfaatan teknologi informasi dan penggunaan internet dengan segala macam fitur yang ada, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat menginformasikan berbagai hal,” tutupnya. (BKA-1)

Comment