by

Penyembelihan Hewan Kurban Taati Prokes

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melarang kegiatan penyembelihan hewan kurban pada lebaran Idul Adha (1442 H) yang jatuh tanggal 20 Juli 2021 nanti, disaksikan banyak orang. Setiap lokasi pemotongan hewan kurban, diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Bagian Kesra Kota Ambon, Fenly Masawoi mengatakan, setiap hari raya Idul Adha, Pemkot Ambon selalu berpartisipasi dalam menyelenggarakan hewan kurban untuk masyarakat. Hanya saja, pembatasan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mentri Agama RI, nomor 15 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19.

“Berpartisipasi untuk memberikan hewan kurban untuk masyarakat. Sudah banyak proposal, baik panitia pelaksanan hewan kurban sudah masuk di Pemkot Ambon,” terang Fenly, kepada wartawan, Rabu (7/7).

Menurut dia, segala teknis dalam pembagian kurban, sementara telah disiapkan. “Kegiatan sembeli hewan kurban bisa dilaksanakan. Tapi harus mematuhi protokol kesehatan,” sebutnya.

Dia mengaku, dalam proses penyembelihan hewan kurban, dilarang warga berkerumunan untuk menyaksikannya. “Yang bisa saksikan hanyalah orang yang berkaitan dengan penyembelihan,” kata dia.

Fenly menambahkan, pihaknya juga akan membuat Surat Edaran Walikota terkait pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. “Harus dipertegas, karena kondisi Ambon sangat memprihatinkan akibat Covid-19,” tutupnya. (IAN)

Foto Suplemen Pemkot : Wawali Ambon, Syarif Hadler saat memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kawasan Diponegoro, Kelurahan Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Rabu (7/7).

Comment