by

Peran Kelurahan Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Ambon, BKA- Meski ada sedikit perbedaan dengan desa/negeri, namun kelurahan memiliki pesan yang sama terhadap pemenuhan kebuhan masyarakat di lingkungannya. Salah satunya Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, yang berharap menjadi media pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Salah satu peran kelurahan yang diharapkan itu adalah, sebagai media pemenuhan kebutuhan masyarakat,” kata Lurah Honipopu, Novriel Yusuf, saat dihubungi koran ini, Minggu (21/3).

Dikatakan, selain menjalankan tugas rutin yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, kelurahan juga diharapkan dapat berperan aktif dalam melakukan banyak hal.

“Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam partisipasi pembangunan, serta menumbuhkan kembali jiwa gotong royong yang kini dirasakan mulai hilang, juga merupakan wujud tanggung jawab yang harus kami lakukan selaku pihak kelurahan,” terangnya.

Selain itu, sebut Novriel, kelurahan juga harus mampu dalam memetakan berbagai permasalahan pembangunan di daerahnya. Baik yang berkaitan dengan SDM kelurahan, kondisi sarana prasarana, fasilitas pendidikan, kesehatan, kantong-kantong penduduk miskin fasilitas sosial dan lain-lainnya.

“Kalau pembangunan sarana prasarana banyak yang sudah kita lakukan. Jalan setapak, drainase itu yang kita buat. Untuk pendidikan, kita punya ruang pojok baca internet. Dimana kita sediakan tempat ini seperti perpustakaan untuk anak-anak belajar, baik menggunakan buku maupun internet. Untuk kesehatan, kita sudah bangun posyandu dan lokasinya itu ada di Belakang Masjid Raya Al-Fatah,” tutur dia.
Menurut dia, berbagai bantuan sosial (bansos) serta pembedayaan masyarakat yang mampu meningkatkan ekonomi, juga menjadi fokus Kelurahan Honipopu untuk dilakukan.

“Ini sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kami, selaku pihak kelurahan. Memperhatikan kebutuhan warga, memetahkan pembangunan yang ada di kelurahan, serta sebagai fasilitator efektif untuk menyampaikan informasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kepada masyarakat,” tutupnya. (BKA-2)

Comment