by

Peran Orang Tua Penting di Masa Pandemi

TIAKUR-BKA, Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Agustinus Kilikily menegaskan, peran orang tua sangat penting di masa pandemic Covid-19 saat ini.

Hal ini Ia sampaikan, sesuai pesan Presiden RI, Joko Widodo saat memimpin upacara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, yang digelar virtual secara serempak di seluruh Indonesia, Jumat (23/7).

Agustinus mengatakan, upacara tersebut diikuti sekitar kurang lebih 600 anak se Indonesia, sekaligus mendengar secara langsung arahan Presiden RI.

“Dengan tema yang diusung pemerintah yakni Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Maka Presiden secara langsung memberikan pembinaan kepada peserta upacara khususnya anak-anak. Bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tetapi kesempatan bagi anak bangsa untuk belajar harus tetap terselenggara,” terang Agustinus, mengutip pesan Presiden.

Dikatakan, kesempatan untuk mendapatkan ilmu bagi anak bangsa sangatlah penting. Sehingga dapat tercipta generasi yang cerdas demi kemajuan bangsa tanpa terhalang persoalan Covid-19 yang masih merebak.

Dikatakan, arahan presiden lebih tertuju pada sebuah stigma, dimana anak-anak bangsa di tengah persoalan Covid-19 harus tetap mendapat kesempatan untuk terus belajar.

Karena itu, lanjutnya, untuk mendukung kecerdasan generasi bangsa maka peran orang tua sangatlah penting dalam mendukung proses belajar anak.

“Di tengah kondisi Covid-19 saat ini, sebagain besar waktu anak berada di rumah. Sehingga tugas orang tua, dalam mengawasi anak sangat dibutuhkan. Apalagi seluruh proses belajar dilakukan secara online, maka tentu membutuhkan pendampingan ekstra orang tua terhadap pendidikan anak,” jelasnya.

Dia berharap, dalam menghadapi kemajuan teknologi, orang tua lebih pro aktif dalam mengawasi aktifitas anak. Sehingga dalam pemanfaatan teknologi , anak tidak salah sasaran.

“Muatan-muatan media sosial yang menjadi konsumsi anak dalam menunjang pendidikan haruslah dikontrol oleh orang tua. Jangan sampai kemajuan teknolgi disalah gunakan dan berdampak buruk bagi anak,” pesannya.

Selain itu, Agustinus juga menyarankan agar orang tua lebih memperhatikan pergaulan anak selama masa pandemi. Karena untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas, juga didukung oleh moral yang lebih baik. (GEM)

Comment