by

Perayaan Imlek 2021 Ditiadakan

Ambon, BKA- Mempertimbangkan realitas pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, maka perayaan Imlek di Maluku, khususnya Kota Ambon tidak akan digelar.

Padahal sebelum masa pandemi Covid-19, perayaan Imlek di Kota Ambon mulai dilakukan secara besar-besaran, dengan suguhan atraksi Barongsai di kawasan jalan AY. Patty.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan Imlek 2572 tahun 2021 ditiadakan. Hal ini disampaikan Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Provinsi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa, Senin (1/2).


Dirinya mengakui, perayaan Imlek selama ini tidak terlepas dari acara yang telah melekat kepada budaya masing-masing daerah.
Namum untuk tahun ini, kata dia, karena pertimbangan realitas secara nasional, maka perayaan Imlek diharapkan dibuat secara sederhana di rumah masing-masing. Tidak diperkenakan melaksanakan ritual atau resepsi, dengan mengumpulkan masyarakat melebihi dari kapasitas.

“Apalah arti satu budaya, tetapi mengabaikan kemanusian. Kita utamakan kemanusiaan, jadi secara nasional Imlek ditiadakan secara seremonial, tetapi diizinkan dalam pengertian dibuat di rumah masing-masing. Diharapkan jangan ada kunjung-mengunjungi,” pintanya.

Karena itu, Jauwerissa kembali menegaskan, perayaan Imlek tahun ini ditiadakan. Dengan harapan, hikmat dari semua ini minimal bisa mencegah terbentuknya klaster baru penularan Covid-19.
“Kita mengharapkan, bisa mencegah jangan sampai ada lagi klaster yang baru,” harapnya. (BKA-4)

Comment