by

Perbaharui Aplikasi Belajar Membantu Siswa BDR

Ambon, BKA- Memperbaharui aplikasi belajar di masa pandemi Covid-19 sangat membantu siswa-siswi dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) secara Daring di Kota Ambon.

Untuk itu, Wakil Kepala SD A1 Xaverius Ambon, Merry Rahawarin, mengatakan, pemanfaatan aplikasi belajar secara baik, dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dari rumah.


Hal itu disampaikannya, karena di sekolah tempat Ia mengabdi ini sudah merasakan dampak positifnya. Bahwa proses PJJ akan berjalan baik, tergantung seberapa maksimalnya guru menggunakan serta memanfaatkan aplikasi pembelajaran yang ada.

“Untuk PJJ, guru dan siswa di SD A1 Xaverius Ambon berproses semakin lancar, karena menggunaan aplikasi yang sangat membantu proses belajar. Awalnya, kita menggunakan aplikasi zoom, kemudian geoogle class room. Namun, karena PJJ semakin lama, kita beralih ke Microsoft Office 365. Puji Tuhan, sampai saat ini, proses PJJ berjalan lancar sesuai jadwal pembelajaran,” ungkap Rahawarin, Senin (26/10).

Lanjut Rahawarin, pemanfaatan aplikasi secara baik juga membantu para guru dalam proses penilaian. Pasalnya, bukan saja guru dituntut untuk memberikan pembelajaran online, tapi juga mampu memberikan penilaian secara jarak jauh.

“Kalau aplikasi Microsoft Office 365, kita gunakan untuk PJJ. Sedangkan untuk penilaian, khususnya yang baru saja kita lakukan, yaitu, Penilaian Tengah Semester (PTS), kita menggunakan aplikasi rumah belajar YPK,” terangnya.

Menurutnya, semua proses kesiapan sistem pembelajaran dan penilaian secara online itu, tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pihak yayasan dengan sekolah. Demi kelancaran PJJ di tengah pandemi ini.

“Sistem online digunakan itu, dilakukan oleh pihak Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina. Agar dapat membantu kita selama PJJ ini,” pungkas Rahawarin. (LAM)

Comment