by

Perbaikan Jalan Siwang Dianggarkan 2022

AMBON-BKA, Perbaikan akses jalan menuju wisata Siwang, Dusun Siwang, Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon menjadi progam prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) yang dianggarkan di tahun 2022 mendatang oleh Dinas PUPR Kota Ambon.

Anggaran perbaikan jalan ini, sebelumnya sudah disiapkan di tahun 2020 lalu. Namun kembali ditunda lantaran mengalami refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Pertama itu ada, tapi dipotong. Ini akan jadi prioritas pertama di tahun 2022 dengan dana 3.1 miliar,” sebut Kabid Bina Marga Jalan dan Jembatan, Dinas PUPR Kota Ambon, Jery Matulessy, kepada wartawan, Senin (2/8).

Baca:
PRKP Akan Proses Dana MBR

Meski demikian, Jery mengaku, Pemkot akan berupaya menyiapkan anggaran untuk benahi jalan tersebut terlebih dulu, sebelum diperbaiki secara total. “Untuk benahi dulu sambil tunggu 2022,” terangnya.

Menurut Jery, kondisi Kota Ambon saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Sehingga harus dipahami, jika ada keterlambatan terhadap sejumlah program pembangunan sarana dan prasarana. “Kondisi sekarang kan Covid-19. Jadi ada pemotongan anggaran,” bebernya.

Dikatakan, apabila Ambon dalam kondisi baik, maka pekerjaan jalan Siwang sudah diperbaiki sebelumnya. “Kalau tidak ada Covid-19 ini, kemungkinan perbaikan jalan itu sudah selesai,” tutur dia.

Dia juga memastikan, perbaikan jalan itu akan selesai di tahun 2022 nanti. Karena program tersebut telah masuk dalam prioritas pertama. “Saya jamin 2022 itu akan tuntas dengan dan yang bersumber dari DAK,” ucap Jery.

Baca: Walikota Ambon dan Keluarga Membaik

Ia berharap, masyarakat Kota Ambon, khususnya warga Dusun Siwang bisa bersabar. Karena yang pasti, Pemkot akan memperbaiki semua jalan, termasuk jalan menuju wisata Siwang.

“Bukan saja jalan itu. Pasti kita akan berupaya untuk memperbaiki jalan menuju wisata Siwang. Karena dampak pandemi ini bukan saja di Kota Ambon, tapi daerah-daerah lain di Indonesia,” tutupnya. (IAN)

Comment