by

Perbaikan Tugu Trikora Mulai Dikerjakan

AMBON-BKA, Perbaikan Tugu Trikora yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan lalu-lalintas (lakalantas) tunggal, yakni ditabrak salah seorang ASN Pemkot Ambon, mulai dikerjakan sejak beberapa hari kemarin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Ambon, Melianus Latuihamallo, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (27/7) mengatakan, selama proses pekerjaan Tugu Trikora yang dibangun pada tahun 1962 itu, akan diawasi secara langsung oleh pihaknya. Sehingga proses perbaikan sesuai kerusakan yang ada.

Baca:
Ambon Kembali Masuk Zona Merah

“Sementara ada dikerjakan. Kita hanya bikin RAB (Rencana Anggaran Biaya), lalu bikin yang ini rusak, ini rusak. Dia (pelaku) kerja sendiri dengan caranya sampai Tugu Trikora jadi seperti semula,” terangnya.

Terkait dengan jumlah anggaran, akui Melianus, yang paling mahal adalah estilasi air mancur didalam Tugu Trikora. Sedangkan yang di luar sekitar Rp 40 juta rupiah. “Mahal itu cuman di estilasiya,” sebutnya.

Namun dirinya belum bisa memastikan total anggaran yang harus dikeluarkan pelaku untuk perbaikan tugu tersebut. “Tapi yang jelas dia tabrak pasti didalam Tugu Trikora ada yang rusak,” ujarnya.

Intinya, lanjut dia, pihaknya tidak akan mengeluarkan sepersen pun untuk perbaikan Tugu itu. “Kita tidak kerja. Yang kerja dia. Biayanya juga dari dia. Kita tidak tahan uangnya,” cetusnya.

Dia berharap perbaikan Tugu Trikora bisa diselesaikan secepatnya. “Memang tidak mungkin selesai cepat, karena kerja dengan cara halus. Tapi kita harap pekerjaan bisa cepat selesai,” harapnya. (IAN)

Baca juga: Peringatan Hari Kemerdekaan Tunggu Juknis Pempus

Comment