by

Perda Kabupaten Layak Anak Disahkan Tahun 2021

Ambon, BKA- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Buru, berharap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Layak Anak (KLA) akan disahkan menjadi Peraturan Daerah (perda) pada 2021 mendatang.

Kepala DP3A Kabupaten Buru, Oclaila Sulaiman, mengungkapkan, seharusnya Raperda tersebut sudah disahkan pada tahun ini. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kabupaten Buru, maka anggaran pembahasan Raperda KLA itu dipangkas untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Sehingga dia berharap, tahun depan (2021), tidak adalagi penundaan pembahasan Raperda KLA untuk disahkan sebagai Perda.

“Insya Allah, tahun depan Raperda Kabupaten Layak Anak akan disahkan. Sebenarnya kami kejar tahun ini, karena Kota Ambon punya sudah jadi, padahal kami yang duluan usulkan,” ujar Oclaila, kepada BeritaKota Ambon diruang kerjanya, Senin (30/11).

Tambahnya, saat ini, Kabupaten Buru sudah mempunyai Perda Perlindungan Perempuan dan Anak dan sudah diberlakukan. Sehingga tersisa Perda KLA saja yang belum disahkan.

“Jadi sudah ada Perda Perlindungan Perempuan dan Anak. Sudah ada. Tinggal Perda Kabupaten Layak Anak, karena diminta khusus,” ungkapnya.

Sebelum usulan Raperda KLA ini diusulkan Kabupaten Buru, dua tahun berturut-turut kabupaten itu meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Republik Indonesia. “Jadi sangat penting untuk segera disahkan Raperda KLA tersebut,” pungkasnya. (MSR)

Comment